Langsung ke konten utama

REBUTAN MAINAN

Indah bukan masa-masa kita diwaktu kecil ? masa masa dimana kita sangat Bahagia… tidak seperti sekarang yang mungkin terbebani cicilan dan lainnya. Sewaktu kecil kita mempunyai sebuah mainan yang sangat kita cintai, apabila mainan tersebut hilang,rusak, kita sangat sedih sekali bukan ? atau Ketika kita saling berebut mainan dengan Kakak dan Adik kita yang mungkin membuat kita jengkel.

MEREKA ADALAH PENGEMIS !



Menurut pembaca siapa sih Pengemis itu ? Mungkin Sebagian dari kita akan menjawab “Pengemis itu ya orang yang suka minta-minta dijalanan” Sejatinya bukan hanya dijalanan saja, dimana pun pasti ada yang Namanya Pengemis, Bahkan mereka ada yang Berseragam, Berdasi, Berpakaian Rapi. Kok bisa ??
ya mereka adalah orang-orang yang senantiasa meminta-minta kepada orang lain tanpa ada rasa malu, they said “eh baru dari pulang haji/umroh ya, mana oleh-olehnya minta dong” atau “lu mau keluar kota ya ? oleh-olehnya jangan lupa ya” dll.
Dan yang paling fenomenal saat ini adalah mereka-mereka yang menjadi pengemis di channel-channel Youtube mereka. Dengan embel-embel “Jangan lupa Di like, Subscribe, and Share ya” Apa sih yang mereka inginkan dengan embel-embel seperti itu ? Ya, dengan banyaknya yang menonton dan men-suscribe channel youtube mereka. Mereka akan mendapatkan pundi-pundi rupiah dari Google Adsense. Subhanallah, lantas apa bedanya dengan para pengemis-pengemis yang ada dijalanan itu ? Sama saja !. Bahkan banyak dari pengemis pengemis youtube ini tidak peduli dengan konten-konten yang mereka buat, apakah masuk kedalam perkara yang haram atau tidak. Yang terpenting bagi mereka banyak Duit dan duit. Semoga para pembaca yang dirahmati Allah dan saya penulis dihindari fitnah-fitnah seperti pengemis-pengemis diatas. Cukuplah Rizki kita yang mungkin sedikit ini akan tetapi kita mempunyai Izzah “Kehormatan” dengan tidak meminta-minta kepada Orang lain.
Sahl bin Sa’ad Radhiyallahunanhu menuturkan
 ، واعلمْ أنَّ شرَفَ المؤمنِ قيامُه بالَّليلِ ، وعِزَّه استغناؤه عن الناسِ…..
“Jibril Alaihissallam pernah datang menemui Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, “…….Kemudian Jibril berpesan, “Hai Muhammad, kemuliaan seorang Mukmin terletak pada shalat malam dan kehormatannya adalah pada saat ia tak lagi bergantung pada manusia.” [HR. Thabrani dan dinilai hasan oleh Syaikh al-Albâni rahimahullah dalam silsilah ahâdîtsis shahîhah, no. 831]
 Dan hendaknya mereka-mereka yang masih menjadi Pengemis-pengemis Zaman Now Khawatir akan hadits nabi Shallallahu’alaihiwassalam
Diriwayatkan dari Sahabat ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَا زَالَ الرَّجُلُ يَسْأَلُ النَّاسَ، حَتَّى يَأْتِيَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَيْسَ فِيْ وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ.
“Seseorang senantiasa meminta-minta kepada orang lain sehingga ia akan datang pada hari Kiamat dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya”
Muttafaqun ‘alaihi. HR al-Bukhâri (no. 1474) dan Muslim (no. 1040 (103)).

Semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi semuanya, mencerahkan dan mencerdaskan, serta menambah ilmu dan Amal.
Wabillahi taufiq

Purbalingga, 20 Ramadhan 1441 H / 12 Mei 2020
Sahabatmu,
Nauval