Langsung ke konten utama

REBUTAN MAINAN

Indah bukan masa-masa kita diwaktu kecil ? masa masa dimana kita sangat Bahagia… tidak seperti sekarang yang mungkin terbebani cicilan dan lainnya. Sewaktu kecil kita mempunyai sebuah mainan yang sangat kita cintai, apabila mainan tersebut hilang,rusak, kita sangat sedih sekali bukan ? atau Ketika kita saling berebut mainan dengan Kakak dan Adik kita yang mungkin membuat kita jengkel.

BUNGA DUNIA


Menurut pendapat pembaca, apa yang terbesit Ketika mendengar sebuah nama “Bunga”, mungkin diantara kita ada yang mengatakan bunga adalah sebuah Makhluk Hidup yang Indah, Indah karna Bentuk,Warna, Wangi-wangiannya yang mempesona, Keindahan yang memanjakan kedua mata.
Terkadang kita hanya sampai terpesona dengan keindahan Bunga tersebut, tanpa kita memikirkan siapa dibalik yang menciptakan Bunga tersebut. Allah subhanahu wata’ala memberikan perumpamaan kepada kita mereka para Ahlud Dunya, Hamba-hamba Dunia, Mereka-mereka yang diberikan berupa Kekayaan,Kekuasaan,Kendaraan dan sebagainya dengan Istilah “Bunga Dunia” ya Bunga Dunia. Tahukah saudara apa Kesudahan dari Keindahan sebuah Bunga ?? ya Bunga itu akan tiba waktunya dia akan Layu,Kering,Lenyap.
وَلَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ زَهْرَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ ۚ وَرِزْقُ رَبِّكَ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ
Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal.
[Surat Thaha Ayat 131]
Allah mengatakan kepada kita jangan kita palingkan wajah kita kepada mereka-mereka yang telah Allah berikan sebagai “Bunga Dunia”
Berkata Syaikh ibnu Utsaimin rahimahullah:
"Yaitu jangan engkau melihat ahlud dunia, dan melihat apa-apa yang telah diberikan kepada mereka berupa kenikmatan; (seperti) kendaraan-kendaraan, pakaian-pakaian, tempat tinggal-tempat tinggal, dan selain itu, maka semua ini adalah bunga kehidupan dunia."
"Dan bunga akan berakhir layu, kering, lenyap, dan bunga itu adalah bagian daun dari pepohonan yang paling cepat layu dan lenyap."
"Karena itu Allah mengatakan "bunga" yaitu bunga yang indah pada kecemerlangannya, kecantikannya, dan wanginya -apabila dari jenis mempunyai wewangian- akan tetapi ia sangat cepat layu, inilah dunia, bunga yang cepat layu."
"Kita memohon kepada Allah agar memberikan kita keberuntungan dan bagian di akhirat."
📚 Syarh riyadhush shalihin [3/45]

17 Ramadhan 1441 H / 09 Mei 2020
Muhamad Nauval Wicaksono