Langsung ke konten utama

REBUTAN MAINAN

Indah bukan masa-masa kita diwaktu kecil ? masa masa dimana kita sangat Bahagia… tidak seperti sekarang yang mungkin terbebani cicilan dan lainnya. Sewaktu kecil kita mempunyai sebuah mainan yang sangat kita cintai, apabila mainan tersebut hilang,rusak, kita sangat sedih sekali bukan ? atau Ketika kita saling berebut mainan dengan Kakak dan Adik kita yang mungkin membuat kita jengkel.

MENGAPA E-KTP SAYA TIDAK PERNAH JADI ??? (1)




 Begitulah kira-kira keluhan masyarakat kita yang putus asa karena belum pernah memegang kartu E-KTP, karna melihat banyaknya keluhan tersebut, Admin berinisiatif menulis artikel ini. Semoga bermanfaat untuk kalian yang bertanya-tanya masalah E-KTP.
Baiklah, permasalahan E-KTP yang tidak pernah jadi-jadi mempunyai beberapa faktor, yang insyaa Allah akan Admin ulas dengan sepengetahuan Admin.
Kemungkinan Pertama dan paling sering ditemui ialah permasalahan :


  •          DATA E-KTP SAUDARA DUPLICATE RECORD

Muncul pertanyaan kita “Apa itu Duplicate Record ?” yaitu yang artinya Rekaman Data Ganda, atau Bahasa mudahnya, Panjenengan atau saudara sekalian pernah melakukan perekaman E-KTP lebih dari satu kali.

Oh iya, perlu diketahui ya bahwasanya data E-KTP setiap pribadi hanya 1 dan tidak bisa lebih dari satu person/orang.
Muncul pertanyaan lagi “Kok bisa terjadi data Ganda dan Perekaman lebih dari 1 kali ???”

Admin kasih contoh mudahnya : “Bapak Slamet adalah warga Purbalingga,Jawa Tengah. pada tahun 2012 bapak slamet sedang di Perantauan di Sabang, Aceh. Pada tahun 2012 bapak Slamet yang sedang di Aceh melakukan rekam E-KTP di Aceh, namun sebelum E-KTPnya tercetak, bapak Slamet pada tahun 2013 balik ke Kampung halamannya di Purbalingga. Di tahun 2014 karna belum mempunyai KTP, bapak Slamet melapor ke Dinas Kependudukan Purbalingga untuk membuat KTP Purbalingga dan bapak Slamet merasa bahwasanya dirinya ialah Warga Purbalingga dan berhak memiliki KTP Purbalingga. Dilakukanlah Rekam E-KTP lagi di Purbalingga.
Dan terjadilah apa yang terjadi,,……yaitu Rekam data E-KTP ganda, 1 rekam di Aceh dan yang ke 2 rekam E-KTP di Purbalingga.
Akhirnya bapak Slamet mengeluhkan sampai di tahun 2020, 8 Tahun dia belum punya E-KTP. Hahaha kesiaaaannnn……



Apabila saudara sekalian merasa bertahun-tahun belum memegang kartu E-KTP, sedangkan saudara merasa sudah pernah rekam E-KTP harap segera lapor ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat ya bro and sis.
Apabila data saudara Duplicate Record, petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan melakukan pengecekan Biometrik, yaitu dengan mengecek Iris Mata saudara atau dengan sidik jari saudara, dengan dilakukan pengecekan Iris Mata dapat diketahui data Rekam E-KTP pertama kali saudara lakukan dan berdomisili dimana sebelumnya. Karna Iris Mata setiap orang pasti berbeda-beda ya, ngga mungkin sama.
Mungkin sekian ulasan dari Admin, Admin berusaha menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti. Semoga para pembaca dapat mengambil Ilmu dan Pelajaran yang Admin sampaikan, Apabila ada kekurangan dan terdapat kosa kata yang kurang berkenan Admin Mohon Maaf.

Sekian.